Hidup Bahagia Selamanya

Rahasia Hidup Bahagia Selamanya

Rahasia Hidup Bahagia Selamanya – Anda ingin hidup bahagia selamanya? Matthew Solan, editor eksekutif, mengatakan, dia selalu menganggap diriku orang yang bahagia, meskipun aku mungkin tidak selalu melihatnya berkat mewarisi alis berkerut ayahnya.

Baca Juga: Survey Ungkap Kondisi Emosional Penduduk Dunia Semakin Menyedihkan

Apakah ada saat-saat ketika saya tidak bahagia? Tentu saja. Apakah saya berharap bisa lebih bahagia lebih sering? Siapa yang tidak? Meskipun tampaknya semua orang mencari jawaban untuk pertanyaan kuno, “Apa rahasia kebahagiaan?” Pertanyaan yang lebih baik mungkin, “Apakah mungkin untuk lebih bahagia?”

Sekitar setengah dari tingkat kebahagiaan kita didasarkan pada gen. Beberapa orang cenderung lebih bahagia dan lebih bersemangat daripada yang lain. Tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda jika itu tidak datang secara alami. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa 40% kebahagiaan orang berasal dari pilihan yang mereka buat.

Baca Juga: Terkait Matematika, Penelitian Ungkap Tidak Ada Perbedaan antara Otak Pria dan Wanita

Ayo, bahagia

Jadi, apa pilihan yang tepat untuk kebahagiaan? Anda dapat menemukan inspirasi dari para peserta di Harvard Study of Adult Development – salah satu studi terpanjang tentang kebahagiaan.

Proyek ini diikuti oleh 724 pria sejak mereka remaja di tahun 1938. (Sekitar 60 pria, sekarang berusia 90-an, masih tersisa.) Kelompok itu terdiri dari pria dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial, dari lingkungan termiskin di Boston hingga undergrad Harvard.

Baca Juga: Kiat Mengambil Keputusan dengan Bijak

(Presiden John F. Kennedy bahkan merupakan bagian dari kelompok semula.) Selama bertahun-tahun, para peneliti telah mengumpulkan semua jenis informasi kesehatan, dan setiap dua tahun mereka mengajukan pertanyaan kepada anggota tentang kehidupan mereka dan kesehatan mental dan emosional mereka. Mereka bahkan mewawancarai anggota keluarga.

Mereka menemukan bahwa sifat dan perilaku tertentu dikaitkan dengan peningkatan tingkat kebahagiaan di seluruh kelompok.

Tahu kapan harus melepaskan

Seiring bertambahnya usia, mereka cenderung lebih fokus pada apa yang penting bagi mereka, dan tidak memusingkan hal-hal kecil seperti yang mereka lakukan ketika mereka masih muda, menurut direktur proyek, Dr. Robert Waldinger. Penelitian lain mendukung pola pikir ini, dan telah menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua lebih baik melepaskan kegagalan masa lalu.

Baca Juga: Mimpi Buruk Bisa Disebabkan Aroma Familiar

Dr Waldinger mengatakan, mereka cenderung menyadari betapa hidup ini singkat dan mereka lebih cenderung memperhatikan apa yang membuat mereka bahagia sekarang.

Anda bisa melakukan hal yang sama. Kegiatan apa yang membuat Anda bahagia dan apa yang menghentikan Anda melakukannya? Pikirkan kembali masa kecil Anda. Apa yang Anda nikmati ketika Anda masih muda? Nyanyian? Bermain permainan? Melakukan hobi tertentu?

Dr Waldinger mengatakan ketika Anda lebih tua, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk kembali ke aktivitas yang Anda kaitkan dengan kebahagiaan. Jadi mulailah koleksi koin itu, bergabunglah dengan paduan suara, atau mainkan poker atau jembatan.

 

Tetap terhubung

Studi Harvard telah menemukan hubungan yang kuat antara kebahagiaan dan hubungan dekat seperti pasangan, keluarga, teman, dan lingkungan sosial.

Dia mengatakan, hubungan pribadi menciptakan stimulasi mental dan emosional, yang merupakan pemicu suasana hati otomatis, sementara isolasi adalah penghambat suasana hati.

Ini juga merupakan kesempatan untuk fokus pada hubungan positif dan melepaskan orang-orang negatif dalam hidup Anda, atau setidaknya meminimalkan interaksi Anda dengan mereka.

Jika Anda perlu memperluas kehidupan sosial Anda, cobalah menjadi sukarelawan untuk tujuan favorit.

 

Kemungkinan Anda akan bertemu lebih banyak orang yang berpikiran sama.

Menjadi sukarelawan juga merupakan cara lain untuk meningkatkan kebahagiaan dengan memberikan rasa tujuan. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan secara online 19 Mei 2016, oleh BMJ Open menemukan bahwa manfaat ini paling kuat di antara orang berusia 45 hingga 80 dan lebih tua. Cari peluang sukarela di bidang Anda yang sesuai dengan minat Anda.

Itulah rahasia hidup bahagia selamanya yang perlu Anda ketahui.